Ayo lawan kuman gigi..!!!

MASALAH KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Kondisi kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih sangat memprihatinkan, sehingga perlu mendapatkan perhatian serius dari tenaga kesehatan. Hal ini terlihat bahwa penyakit gigi dan mulut masih diderita oleh 90% penduduk Indonesia.

Berdasarkan laporan Survei Kesehatan, di antara penyakit gigi dan mulut adalah tertinggi mencapai 60% penduduk. Karies gigi dan penyakit periodontal merupakan penyakit yang paling banyak dijumpai di rongga mulut sehingga merupakan masalah utama kesehatan gigi.

Karies gigi dan penyakit periodontal dapat dicegah melalui penerapan kebiaaan memelihara kesehtan gigi dan mulut pada anak sejak dini dan secara kontiniu. Di Indonesia, sebanyak 89% anak di bawah 12 tahun menderita penyakit gigi dan mulut. Penyakit gigi dan mulut akan sangat berpengaruh pada derajat kesehatan, proses tumbuh kembang bahkan masa depan anak. Anak-anak rawan kekurangan gizi. Rasa sakit pada gigi dan mulut jelas menurunkan selera makan mereka.

Dampak lainnya, kemampuan belajar anak pun turun sehingga jelas akan berpebgaruh pada prestasi belajar hingga hilangnya masa depan anak.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa anak usia sekolah merupakan masa keemasan untuk menanamkan nilai-nilai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga berpotensi menjadi agen perubahan untuk promosi PHBS.