PSC 119 KABUPATEN TRENGGALEK

Merupakan Pusat pelayanan yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan medik yang berada di kabupaten yang merupakan ujung tombak pelayanan untuk mendapatkan respon cepat.

Dikabupaten Trenggalek layanan ini dilaunching oleh bapak Bupati Trenggalek pada bulan Juni tahun 2016 bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis.

Bupati Trenggalek juga menambahkan enam (6) Puskesmas sebagai jejaring yang memiliki layanan PSC 119 dan siap melayani masyarakat. Puskesmas tersebut diantaranya Puskesmas Baruharjo, Puskesmas Pogalan, Puskesmas Karangan, Puskesmas Pule, Puskesmas Watulimo, Puskesmas Panggul dan RSUD dr. soedomo.

Fungsi PSC:

  1. Pemberi pelayanan Gawat Darurat;
  2. Pemandu pertolongan pertama (first aid)
  3. Pengevakuasi korban/ pasien Gawat Darurat; dan
  4. Pengoordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan

Berita ini disampaikan oleh Dinkesdalduk-KB dan Kementerian Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi PSC 119 melalui nomor 119 (bebas pulsa untuk Telkomsel) dan (0355) 791119 (berbayar) . Panggilan telp bisa dilakukan lewat telp rumah dan ponsel.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan maka layanan ini dibentuk bekerja sama dengan Kementerian kesehatan untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis.